Wednesday, February 21, 2018

9 Kuliner Khas Thailand yang Wajib Dicoba

Kuliner dan makanan khas thailand
Foto: Maxpixel
InfoKuliner-Thailand merupakan salah satu Negara yang terletak di Asia tenggara yang perkembangannya cukup pesat, terutama dibidang pariwisata. Hal ini dikarenakan Negara yang dijuluki Negeri Gajah Putih tersebut memiliki banyak bangunan kuno peninggalan sejarah dan juga alamnya yang indah tertata dengan baik.

Pantai-pantai di Thailand juga sangat mempesona nan indah, serta bangunan kuil-kuil bersejarah. Tidak heran jika Negara yang dikenal sebagai Land of Smiles di Asia tenggara yang saat ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit dunia. Anda bisa merasakan kenyamanan wisata budaya, sejarah, menjelajahi pantai-pantai eksotis hingga menikmati kuliner dan makanan khas yang ada di Thailand.

Tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah. Thailand juga memiliki begitu banyak kuliner khas yang menggugah selera yang wajib dicoba saat berkunjung ke sana. Kuliner atau makanan khas Thailand memiliki rasa yang tidak jauh berbeda dengan lidah orang Indonesia.

Jadi sangat disayangkan jika kalian mengunjungi negeri Gajah Putih tanpa mencicipi makanan khas yang ada disana. Berikut ini 9 kuliner khas Thailand yang wajib Anda coba.

1. Pad Thai (Thai Fried Noodle)

Makanan khas thailand
Foto: Wikimedia
Pad Thai merupakan salah satu makanan mie khas Thailand yang dimana kalian bisa menemukannya di setiap restoran maupun street food stall. Mie nya sendiri memiliki campuran telur, tauge, kacang, bawang merah, tahu, udang, dan saus asam.

Pad Thai memiliki rasa yang sangat beragam, ada rasa manis, pedas, dan asam. Taburan kacang sangat mempengaruhi kegurihan makanan satu ini, jadi saat Anda berlibur kesana jangan lewatkan kuliner satu ini.

2. Gai Tod (Fried Chicken)

Gai Tod (Fried Chicken)
Foto: Flickr
Anda bisa membeli Gai Tod di beberapa street food kota Bangkok, khususnya di daerah Pratunam sebagai area pusat perbelanjaan. Anda bisa cari sekitaran Central World atau Platinum Fashion Mall. Apa sih perbedaanya dengan ayam goreng yang ada di Indonesia? Bedanya ada pada kulit ayam Gai Todsangat crispy dibandingkan ayam goreng Indonesia.

Hal ini dikarenakan saat membuatnya ditambahkan sedikit tepung walaupun tidak seperti ayam KFC. Selain itu adonan bumbunya yang meresap hingga ke daging-dagingnya menambah rasa Gai Tod makin enak. Kadang-kadang penjual Gai Tod juga menyediakan sambal khusus yang bisa menambah citra rasa dari Gai Tod.

3. Tom Yam Noodles

Makanan Tom Yam Noodles
Foto: Seasaltwithfood
Mendengar nama makanan satu ini pasti sudah tidak asing lagi tentunya. Sama seperti halnya Pad Thai, Tom Yam merupakan salah satu mie khas Thailand. Anda bisa menemukannya di setiap restoran maupun street food di kota Bangkok. Tom Yam memiliki rasa yang otentik, selain rasanya agak masam, kandungan herb yang kuat menjadi salah satu ciri khas makanan ini, khususnya makanan berkuah atau sup.

Ada beberapa jenis Tom Yam, ada yang menggunakan udang, daging sapi, sampai daging babi. Bagi kalian seorang muslim, alangkah baiknya bertanya dulu kepada penjualnya, sebelum memakan Tom Yum ini. Anda dapat memilih udang dan daging sapi untuk jenisnya sesuai selera Anda.

4. Kway Teow Rua (Boat Noodle)

Kway Teow Rua (Boat Noodle)
Foto: Flickr
Boat Noodle merupakan mie khas Thailand yang disajikan dalam porsi kecil. Seperti namanya, Boat Noodle biasanya dijual di atas perahu di pinggiran sungai. Mereka sengaja menyediakan porsi yang lebih kecil untuk menghindari tumpahan air kuah ketika ada gelombang air. Makanan ini makin digemari oleh banyak kalangan, sehingga muncullah beberapa restoran maupun cafe yang menyajikan Boat Noodle.

Boat Noodle mempunyai dua jenis kuah, yaitu kuah Pathumthani dan Ayutthaya. Kuah Ayutthaya berwarna lebih gelap dan pekat, kandungan herbnya lebih kuat. Sedangkan untuk kuah Pathumthani memiliki warna kecoklat-coklatan. Biasanya banyak yang lebih suka makan Boat Noodle kuah Pathumthani hal itu dikarnakan  kandungan herbnya sedikit dan tidak terlalu membuat perut mual.

5. Duck Rice

Duck Rice
Foto: Flickr
Anda bisa menemukan Duck Rice secara mudah di kota Bangkok, khususnya di daerah Pratunam. Terdapat banyak restauran di samping jalan yang menyediakan Duck Rice, di sekitaran Platinum Fashion Mall. Duck Rice merupakan gabungan antara nasi hainam dan bebek panggang.

Bebek terlebih dahulu diasikan (marinated), sehingga rasa bumbunya melekat pada dagingnya. Dagingnya sangat lembek dan terasa lembut ketika dimakan. Terdapat saus khusus yang disajikan dari herbs dan spices tertentu, sehingga membuat rasanya bercampur antara manis, asam dan gurih.

6. Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice
Foto: Flickr
Nah makanan yang satu ini sudah cukup terkenal terutama di Indonesia sendiri. Ada banyak tempat di Bangkok yang menjual Mango Sticky Rice. Jika Anda malas untuk bepergian dan berpanas-panasan di kota Bangkok, Anda bisa membelinya di foodcourt di pusat-pusat perbelanjaan besar seperti Platinum Fashion Mall yang ada disana.

Mango Sticky Rice ini merupakan potongan buah mangga yang di padukan dengan beras ketan manis. Dengan ditambahkan susu kental manis dan kacang di atasnya sebagai toping. Mungkin bagi sebagian orang Indonesia akan merasa sedikit aneh, ketika buah mangga dimakan bersama dengan nasi ketan, tapi jika kalian penyuka makanan manis, makanan satu ini bisa kalian coba.

7. Coconut Ice Cream

Coconut Ice Cream
Foto: Wikimedia
Cuaca di Bangkok hampir sama dengan di Jakarta, terkenal akan panasnya, apalagi ketika Anda sedang berbelanja di pusat perbelanjaan yang ada di sana. Rasa cape, lelah dan haus ketika sedang mencari pakaian, sepatu, oleh-oleh ataupun barang lainnya akan hilang seketika saat Anda beristirahat sejenak sambil menikmati segarnya Coconut Ice Cream ini.

Salah satu hal yang unik dari es krim khas Thailand ini adalah menggunakan tempurung (batok) kelapa kecil sebagai wadahnya. Taburan kacang dan semacam jelly memperkaya rasa es krim ini.

8. Kalamae

Kalamae thailand
Foto: Evopix
Kalamae adalah sejenis kudapan dengan rasa yang manis dan teksturnya yang agak lengket. Makanan ini terbuat dari ketan yang dihaluskan atau tepung ketan, gula palem atau gula pasir, dan santan kelapa. Ketiga bahan tersebut dimasak sambil diaduk hingga diperoleh tekstur yang kenyal dan lengket. Adonan yang sudah matang kemudian dipotong-potong kecil dan ditaburi dengan wijen kemudian dikemas dalam plastik.

Biasanya ada dua jenis varian Kalamae yakni Kalamae berwarna coklat yang menggunakan gula palem dan berwarna hijau yang menggunakan gula putih serta diberi perwarna hijau dari daun pandan. Makanan ini bisa didapatkan dengan mudah terutama di Samui karena ada banyak pohon kelapa di daerah tersebut. Para ibu rumahtangga daerah tersebut sangat mahir membuat makanan yang satu ini sebagai kudapan bagi seluruh anggota keluarga.

9. Khao Phad

Khao Phad
Foto: Flickr
Khao Phad adalah nama yang diberikan oleh orang Thailand untuk nasi goreng. Nasi goreng khas Thailand ini menggunakan bahan-bahan yang terdiri dari nasi, telur, bawang putih, saus tiram, saus kecap, garam dan gula. Semua bahan-bahan ini dimasak dengan memakai wajan dan disajikan bersama potongan timun, selada, potongan jeruk dan juga tomat.

Beberapa variasi nasi goreng khas Thailand ditambahkan dengan potongan ayam, kepiting ataupun udang. Nasi goreng Thailand biasanya tidak terasa pedas sehingga disukai para wisatawan yang tidak terbiasa dengan menu makanan Thailand yang pedas.

Nah, itulah 9 kuliner khas Thailand yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Thailand. Dengan daftar kuliner ini, Anda tak perlu lagi bingung memilih makanan yang hendak disantap saat berwisata ke negeri gajah putih. Sebenarnya masih banyak kuliner khas Thailand selain yang kami sebutkan di atas, Anda juga bisa mencobanya.

Berikan komentar anda dengan kalimat yang baik dan sopan.
EmoticonEmoticon