Sunday, December 17, 2017

6 Tips Agar Bisnis Kuliner Laris Manis Banyak Pembeli

Bisnis kuliner banyak pembeli

Tips agar bisnis kuliner laris banyak pembeli. Berbisnis dibidang kuliner memang banyak degemari oleh para pelaku usaha besar. Namun tidak hanya pebisnis besar saja, pelaku usaha kecil menengah pun saat ini banyak yang menggeluti usaha dibidang kuliner, contohnya saja usaha rumah makan ayam bakar, pecel lele, bebek bakar dan masih banyak lagi yang menjamur dimana-mana.

Saat ini banyak juga bisnis kuliner yang kreatif dengan mengusung konsep unik untuk memikat para konsumen. Seperti Truck food (makanan di truk), konsep rumah makan pedesaan, hingga konsep tempat makan pinggir jalan raya yang banyak dijumpai.

Walaupun bisnis dibidang kuliner memerlukan modal yang tergolong lumayan besar, namun bisnis dibidang ini terbilang sangat menjajikan. Bisa dibilang bisnis kuliner adalah jenis bisnis yang tidak akan pernah ada matinya. Mengapa begitu? Sebab makanan adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh orang setiap hari. Meski prospeknya sangat baik dan menggiurkan, menjalankan bisnis yang satu ini tidaklah mudah.

Tidak sedikit orang yang gagal dalam bisnis kuliner, meski mereka sudah menggelontokan modal yang lumayan besar. Lalu apa penyebab yang membuat bisnis mereka gagal? Penyebabnya adalah selain rasa makanan yang memang tidak menjual, juga strategi yang salah.

Nah bagi anda yang sedang berfikir untuk terjun didalam bisnis kuliner, ini atau yang sudah menjalankan bisnis kuliner namun anda ingin bisnis anda laris manis dibanjiri pembeli, ada baiknya membaca sejumlah tips-tips berikut ini.

Tips Bisnis Kuliner Laris Manis Banyak Pembeli


1.  Buat ide unik


Suatu hal yang unik sangatlah penting dan akan memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini sukses dilakukan oeleh banyak pengusaha kuliner. Tidak hanya menawarkan rasa makanan yang enak saja, namun ciri unik yang membuat kuliner Anda berbeda dengan lainnya, akan menjadi alasan kuat mengapa orang akan berkunjung ke tempat Anda. Buatlah sesuatu yang berbeda yang tidak ada ditempat lain.

2.  Rajin memberikan promo


Salah satu startegi marketing lain yang cukup efektif yakni memberikan promo. Ada banyak macam promo yang bisa dilakukan, mulai dari potongan harga, makan 10x gratis makan 1x, hingga memberikan makan gratis kepada orang yang berulang tahun. Sudah banyak pelaku usaha kuliner yang sukses menggunakan cara ini.

Salah satu contohnya adalah di daerah saya tinggal di Bandar Lampung ada Pecel Lele dan Ayam Bakar yang menggratiskan makanan untuk pengunjung yang sedang berulang tahun. Strategi unik ini bisa meningkatkan minat orang untuk datang. Sebagai catatan jangan memberikan promo yang berlebihan, berikan promo yang masuk akal saja agar Anda tidak tekor natinya hahaa.

3.  Undang public figure


Salah satu strategi marketing yang ramai digunakan dalam bisnis kuliner zaman sekarang adalah melakukan promosi menggunakan sosial media. Kekuatan sosmed memang sangat ampuh dan sudah dibuktikan oleh beberapa pelaku sukses diberbagai macam bisnis. Ada banyak alternative social media yang bisa digunakan, seperti facebook, instagram, twitter dll.

Contoh salah satu pelaku usaha yang menerapkan strategi ini adalah martabak Terang Bulan. Sejak menggunakan sosmed sebagai alat promosi, pengunjung kedai martabak yang terletak di kota Surabaya ini makin laris dan banyak pembelinya.

Untuk memancing pengguna sosial media Anda bisa memulai dengan mengundang publik figur untuk makan di tempatmu secara gratis. Jika sukses dan dia memberikan testimony (memposting foto dan menuliskan nama bisnis Anda) di sosial medianya pengunjung pasti akan bertambah secara drastis.

4.  Bisnis kemitraan


Jika Anda tidakmau direpotkan dengan mempromosikan brand usaha dan mencari pelanggan, cara sukses memulai bisnis kuliner bisa juga dengan mengikuti sistem bisnis kemitraan. Pilih usaha kuliner yang sudah memiliki brand kuat dan populer. Biasanya usaha seperti ini sudah memiliki pelanggan tersendiri. Jadi Anda tidak perlu capek dan membuang biaya lagi untuk membangun nama dari nol.

5.  Pilih lokasi tepat dan strategis


Salah satu faktor penting yang mendukung kesuksesan bisnis terutama bisnis dibidang kuliner adalah lokasi/tempat. Sebelum memilih lokasi, sebaiknya tentukan dulu segmen pasarnya. Mau pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran atau masyarakat umum.

Jika sudah menemukan segmen pasar yang tepat, cari lokasi yang mendukung dengan segmen pasar tersebut. Perlu diingat selalu pilih lokasi yang mudah dijangkau dengan transportasi umum dan kalau bisa memiliki tempat parker yang memadai. Sebab, kebanyakan orang malas untuk makan di tempat yang tidak memiliki lahan parker. Contohnya saja saya sendiri, saya cenderung memilih tempat makan yang memiliki lahan parker, karena akan lebih tenang dan nyaman.

6.  Manjakan pengunjung


Memanjakan pengunjung merupakan salah satu tips jitu untuk membuat bisnis kuliner Anda ramai. Untuk memanjakan para pengunjung ada banyak cara yang bisa dilakukan.  Sebagai contoh Anda bisa memfasilitasi Wi-fi gratis, memberikan pelayanan yang baik dan kebersihan tempat. Dengan begitu para pengunjung akan merasa betah dan akan menjadi pelanggan setia Anda.

Contoh salah satu pelaku usaha yang menerapkan strategi ini adalah salah satu kantin yang berada di sekitar kampus “Kantin Pojok”, yang selalu ramai pengunjung, kantin tersebut memfasilitasi Wi-fi gratis bagi pengunjung yang kebanyakan para mahasiswa. Atau jika Anda membuka usaha kafe anda bisa mengadakan nonton bareng (Nobar) sepak bola di kafe Anda, itu akan membuat kafe anda ramai dan terkenal.

Berikan komentar anda dengan kalimat yang baik dan sopan.
EmoticonEmoticon