Friday, September 22, 2017

Tips Mudah Menghilangkan Bau Daging Kambing

Menghilangkan bau daging kambing
Menghilangkan bau daging kambing. Pada artikel kali ini kami akan berbagi tips untuk menghilangkan bau daging kambing atau daging domba. Saat hari raya Idul adha kita disuguhkan dengan daging kurban, baik itu daging sapi maupun daging kambing. Daging kurban yang dibagikan biasanya memiliki aroma bau yang sangat tajam, jika tidak diolah dengan benar maka aroma khas dari kambing masih akan tercium. Daging kambing dapat diolah menjadi aneka masakan lezat seperti sate kambing dan gulai.

Bagi sebagian orang ada yang tidak suka dengan aroma khas tersebut, sehingga terkadang malas untuk memasaknya. Namun taukah anda aroma bau daging kambing dapat dihilangkan atau dinetralisir dengan cara-cara tertentu, salahsatunya dengan cara merebus daging dengan bumbu rempah dapur sehingga bau akan menghilang. Tapi ada juga orang yang berpendapat bahwa jika aroma daging kambing hilang maka akan hilang pula kenikmatan dan kelezatannya.

Berikut ini tips mudah menghilangkan bau khas daging kambing, silahkan anda coba salahsatunya mana yang paling gampang untuk dipraktikan menurut anda.
  1. Rebus daging kambing dengan potongan lobak secukupnya, setengah jam kemudian keluarkan lobaknya. Setelah itu pergunakan daging kambing untuk memasak sesuai dengan resep masakan daging kambing yang disukai.
  2. Rebus daging kambing atau domba dengan kacang hijau sebanyak 5 gram. Setelah 10 menit, angkat dan tiriskan daging tersebut.  Kemudian dimasak sesuai dengan keinginan. 
  3. Rebus 1 kilogram daging kambing atau domba dengan dimasukkan 200 gram tebu yang sudah dipotong-potong. Rebus kurang lebih selama setengah jam. Setelah itu anda dapat langsung mengolahnya.
  4. Rebus air, setelah mendidih masukkan daging kambing dan 50 gram cuka. Setelah mendidih, tiriskan daging kambing itu dan dimasak ulang sesuai selera masing-masing.
  5. Cara lainnya lagi, sebelum dimasak daging kambing disiram dengan tetesan air jeruk nipis. Jika tidak ada jeruk nipis bisa dengan menggunakan daun jeruk limau.
  6. Selain air jeruk nipis bisa juga menggunakan daun jambu biji. Daun jambu dihancurkan dan dilumrkan bersama dengan daging kambing sebelum dimasak, atau direbus bersamaan.
  7. Ambillah 2 potong arang lalu cucilah sampai bersih dari kotoran lain. Rebuslah daging kambing bersama-sama arang tersebut, dengan begitu daging kambing tidak akan berbau lagi. Setelah itu masaklah dengan rempah-rempah sesuai resep pilihan anda.
  8. Langsung mengolah daging kambing yang baru disembelih, tanpa pernah sedikitpun mencucinya terlebih dahulu baik dengan air maupun bahan pencuci lainnya. Bau amis itu akan berkurang dengan sendirinya jika dimasak dengan benar. Jangan lupa berhati-hati ketika memotong daging kambing agar tidak terkena kotoran, sehingga kita tidak perlu harus membilasnya dengan air. Jika bulu-bulu kambing masih menempel halus dan tipis, cabuti saja pelan-pelan.
  9. Sebelum dimasak bungkus dengan daun pepaya dan buah nanas. karena daun pepaya bikin daging menjadi empuk setelah matang sedangkan nanas untuk menghilangkan bau amisnya. diperkirakan bau nanas lebih kuat daripada jeruk
  10. Cincang, memarkan atau lumat jahe, kemudian campurkan pada daging yang akan diolah. Aroma Jahe akan menutupi bau lebus pada daging. Agar hasilnya maksimal, lebih baik lagi Jahe yang dlhaluskan bersama bumbu lain.

Untuk menghilangkan bau tak sedap. Anda Juga bisa menambahkan bumbu dapur beraroma kuat seperti kapulaga. kayu manis, cengkeh, dan bumbu rempah lainnya. Bumbu-bumbu yang beraroma kuat seperti itu tidak hanya membuat rasa masakan menjadi nikmat, tetapi juga membantu menghilangkan bau tidak sedap pada daging. Gunakan bumbu rempah yang beraroma tajam untuk mengimbangi aroma daging kambing yang khas, seperti menggunakan daun salam, serai, jahe atau daun kemangi.

2 comments

Wah, kebetulan sekali gan ane mau masak daging kambing. Thanks gan infonya.

makasih gan infonya :) sangat bermanfaat cocok saat momen idul adha

Berikan komentar anda dengan kalimat yang baik dan sopan.
EmoticonEmoticon