Wednesday, September 27, 2017

Tips Mudah Atasi Anak Susah Makan Sayur dan Buah

Cara mengatasi anak-anak susah makan sayuran
Masa pertumbuhan anak merupakan satu masa yang menuntut orangtua harus dengan benar memperhatikan asupan gizi yang diterima oleh si kecil. Dalam hal ini, pastinya bunda harus bisa memilih asupan gizi yang memang sesuai dengan apa yang mereka butuuhkan, diantaranya yaitu sayuran juga buah-buahan yang kaya akan vitamin juga nutrisi. Lantas, bagaiman jika anak susah makan buah juga sayuran?

Sayur-sayuran biasanya di benci atau tidak di sukai oleh anak-anak,  Hal ini tentu akan membuat para bunda bingung karena mereka akan menolak bahkan menangis saat Anda menyuruh mereka memakannya. Nutrisi dalam sayuran tentu saja sangat baik untuk tumbuh kembang buah hati Anda, apalagi sekarang mereka dalam masa pertumbuhan yang tentu saja butuh asupan nutrisi yang cukup dan baik.

Sebenarnya banyak cara yang bisa bunda lakukan guna mengatasi anak susah makan buah dan sayur, dan bunda harus benar-benar bisa memberikan si kecil asupan gizi dari buah dan sayuran tersebut, mengapa? Karena buah dan sayuran memiliki manfaat yang baik untuk pertumbuhan si kecil, bahkan buah dan sayur merupakan salah satu sumber vitamin yang di butuhkan oleh pertumbuhan si kecil.

Bukan hanya itu, manfaat signifikan lainnya yang ada di dalam sayuran juga buah yaitu guna menghindari obesitas, karena buah dan sayur sangat kaya akan serat yang memang berguna untuk menghambat terjadinya obesitas.

Tapi tenang saja Bund, tak perlu lagi khawatir karena kami disini akan memberikan tips resep-resep yang ampuh untuk anda sehingga putra-putri anda akan menyukai sayuran dan buah-buahan. Untuk menu sarapan anda bisa mencoba beberapa resep berikut ini, campurkan sayuran didalamnnya, di jamin si kecil akan menyukainya. Sarapan pagi pun akan menyenangkan untuk mereka, berikut resepnya.

1. Orak-Arik Telur


Campurkan beberapa sayuran di dalam orak-arik telur si kecil, seperti brokoli cincang, parutan wortel atau potongan kembang kol. Brokoli cincang ternyata tidak mengubah tekstur dari telur orak-arik loh bunda, yuk dah buruan memasaknya agar si kecil tidak rewel lagi saat sarapan dan nutrisinya pun terpenuhi.

2. Oatmeal


Kata siapa oatmel tidak bisa di campur dengan sayuran dan buah, bisa kok. Jika biasanya oatmeal di campur dengan gula merah atau pun susu, anda sekarang bisa menambahkan buah, rasanya akan gurih loh bund! Atau anda bisa memasak oatmeal polos dengan air dan menambahkan sayuran kukus atau tumis diatasnya. Lengkapi dengan telur yang berprotein tinggi tentu saja jangan lupa bumbui dengan garam, merica atau taburi risan keju agar buah hati anda semakin menyukainya. 

3. Puding


Siapa sangka jika puding bisa juga loh di mix dengan buah, campurkan puding dengan buah yang menyehatkan untuk anak anda, atau bisa pilih buah kesukaan dia. Anda bisa mencampurkan buah alpukat dalam puding mereka, karena ternyata alpukat sangat bermanfaat dalam perkembangan otak anak. Selamat mencoba. 

4. Pancake Labu


Sajikan pancake labu dengan toping keju atau cokelat kesukaan buah hati anda. Tahukan bunda jika Labu mengandung banyak sekali nutrisi, seperti Vitamin A dan beta carotene. Didalam buah labu juga terkandung  vitamin B, C, Kalsium, besi, folat, serat, karbohidrat, potasium, dan protein. Dan hebatnya buah labu termasuk buah yang rendah lemak, rendah kalori tapi kaya akan serat. Sangat baik bukan untuk si kecil.

Masih kesulitan untuk mengajak anak memakan sayuran? Anda bisa mengakalinya dengan membuat jus bisa ditambah buah kesukaan dia atau toping-toping favorit putra-putri anda. Smoothie bisa anda sajikan saat sarapan atau pun di waktu-waktu anda besantai bersama keluarga.

5. Jus Hijau


Campurkan bayam atau kangkung dengan buah maka jadilah jus yang menyehatkan. Campurkan juga 1 cangkir susu, 1 pisang beku, 2 genggam bayam dan 1 sendok makan mentega. Yummy kebayangkan lezatnya kayak gimana, si kecil akan menyukainya kok bund.

6. Jus Alpukat


Sudah tahu kan bunda jika alpukat memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk buah hati anda, serta sangat cocok untuk sarapan ataupun camilan bergizi. Alpukat mengandung lemak sehat , vitamin E , dan vitamin B6 , alpukat adalah salah satu makanan super yang kaya akan nutrisi.

7. Jus Wortel


Sajiakn jus wortel saat sarapan pagi si kecil, jangan lupa tambahkan susu agar dia semakin menyukainya. Membuat jus wortel di rumah tentu saja sangat mudah bukan. Anda pun bisa menambahkan wortel parut diatasnya agar semakin banyak nutrisi yang masuk ke dalam tubuh putra-putri anda.

Biasanya anak-anak sangat mengukai pasta atau mie, anda pun bisa mengakalinya dengan menambahkan sayuran di dalam menu favoritnya. Pasti mereka akan tekecoh dan menikmatinya. Anda pun akan senang karena buah hati anda lahap memakannya.

8. Spaghetti


Anak kecil siapa coba yang tidak menyukai pasta, pasti anda juga setuju dengan pertanyaan yang satu ini. Namun anda bisa mengakali menu favorit mereka ini dengan menambahkan bayam atau jamur di dalamnya. Berikan keju juga boleh kok bund agar lebih waw aromanya.

9. Sayuran Mie


Anda bisa mencoba membuat mie sendiri dirumah, seperti zucchini dengan labu dan asparagus. Buatkan bentuknya persis seperti mie. Maka si kecil akan terkecoh dengan itu. Praktis bukan bunda untuk membuat si kecil menyukai sayuran anda tak perlu repot-repot lagi hehehe.

10. Hamburger


Hidangan yang satu ini terkenal tidak sehatnya, namun anda bisa kok membuatnya sendiri dirumah dan membuat hamburger menyehatkan. Dengan menambahkan pure wortel atau jamur cincang di dalamnya, jangan lupa daging sapinya yang segar ya bunda, agar si kecil semakin sehat pastinya.

11. Sandwich


Sajian roti ini akan membuatnya istimewa dengan cara anda menyajikannya bahan-bahannya yang masih segar. Anda bisa menambahkan sayuran seperti kembang kol dan brokoli, kukus sebelumnya ya bunda agar semakin lezat pastinya. Anda pun bisa mencoba memasak sandwich bakar yang lezat sebagai menu sarapan si kecil.

12. Bakso Sayuran


Kudapan yang satu ini tentu saja merupakan menu yang disukai si kecil, anda bisa mengakali dengan membuat  bakso dengan sayuran yang akan menyehatkan mereka dong. Tidak sulit membuatnya anda hanya menyiapkan sayuran seperti bayam, wortel dan brokoli campurkan dengan daging ayam giling. 

Nah itulah 12 makanan yang dapat bunda sajikan kepada buah si buah hati yang kurang suka dengan sayuran. Semoga inspirasi resep-resep diatas bisa mengatasi masalah bunda dengan buah hati yang tidak menyukai sayuran dan buah-buahan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke yang lainnya ya bunda.

Berikan komentar anda dengan kalimat yang baik dan sopan.
EmoticonEmoticon