Wednesday, March 21, 2018

9 Resep Kue Kering Sajian Khas Lebaran

Resep kue kering lebaran. Halo sahabat semuanya jumpa kembali di blog Infokuliner tentunya. Jika  pada artikel sebelumnya kami telah membagikan resep makanan basah dan makanan berat, pada artikel kali ini kami akan membahas resep yang lain  dan tidak kalah menarik tentunya. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan resep membuat cemilan kue kering untuk lebaran.

Hari lebaran merupakan saat-saat yang sangat dinanti oleh setiap kaum muslimin setelah sebulan lamanya berpuasa di bulan ramadhan. Saat itulah kita merayakan kemenangan, kembali ke fitrah, dan juga saat-saat berkumpul bersama keluarga di rumah. Nah, pada acara silahturahmi dan kumpul-kumpul itulah kurang lengkap rasanya jika tanpa cemilan kue kering yang membuat ngobrol jadi lebih nikmat.

Saat lebaran memang banyak sekali penjual-penjual kue dengan berbagai macam jenis dan varian. Namun akan jauh lebih puas rasanya jika kita membuat cemilan kue sendiri dirumah, selain lebih murah juga lebih bersih dan higenis tentunya.

Jika Anda sedang mencari rujukan resep kue kering maka beberapa resep ini bisa kamu praktekkan di rumah. Jangan kawatir jika anda belum pernah membuat kue karena resep yang akan kami bagikan cukup mudah untuk dipraktikkan sendiri.

Tidak tangung-tanggung pada artikel ini kami akan membagikan 9 resep kue kering lebaran sekaligus spesial untuk anda. Jika tidak mau repot mencatat anda bisa langsung menyalin atau mengcopy artikel ini, berikut resepnya.

9 Resep Kue Kering untuk Lebaran


1. Resep kue keju kastengel


Resep Kue Keju Kastengel

Diadaptasi dari kue khas negeri kincir angin, kue keju atau kastengel telah menjadi salah satu kue kering ikon hari raya, baik hari raya Idul Fitri maupun Natal. Tak lengkap rasanya hari raya tanpa ada stoples berisi kastengel dan kue nastar.

Rasa kue keju yang asin gurih menjadi favorit banyak orang. Apalagi jika kualitas keju yang digunakan pada resep kue keju/kastengel adalah keju dengan kualitas prima. Hmmm.. Dijamin kue keju anda akan laris dihabiskan para tamu.

Untuk adonan kue memang biasanya digunakan keju edam, namun jika keju edam sulit ditemukan, penggunaannya pada resep kue keju dapat digantikan dengan keju cheddar. Agar tidak hancur saat dipanggang, berikan jarak yang cukup antar kue sehingga panas oven bisa merata. Setelah dikeluarkan dari oven, biarkan hingga benar-benar dingin, baru pindahkan ke stoples penyimpan.

Bahan-bahan:
  • 250 gram mentega
  • 300 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 butir telur
  • 100 gram keju edam parut
  • 100 gram keju cheddar parut
  • 3 kuning telur, untuk olesan
  • Margarin secukupnya untuk olesan

Cara membuat:
  1. Kocok mentega dengan putih telur hingga putih dan mengembang
  2. Masukkan keju edam parut sambil dikocok hingga rata
  3. Masukkan tepung terigu, aduk perlahan dengan sendok kayu hingga tercampur rata.
  4. Giling adonan dengan ketebalan ½ cm, potong-potong dengan lebar ½ cm panjang 2cm. Letakkan dan susun di dalam loyang datar yang telah diolesi margarin.
  5. Olesi atasnya dengan kuning telur, taburi keju cheddar parut. Panggang dengan suhu 160C selama 
  6. 25 menit hingga berwarna kuning kecokelatan dan kering. Angkat dan biarkan dingin. Simpan di dalam stoples kedap udara.

Di dalam stoples kedap udara, kue keju dapat bertahan hingga 2-3 bulan, namun setelah kemasan di buka sebaiknya segera dihabiskan dalam 2 minggu. Jika terkena udara, kerenyahan kastengel akan berkurang. Selamat mencoba resep kue keju dan semoga sukses, jangan lupa untuk berbagi cerita di kolom komentar ya.

2. Resep kue semprit


Resep Kue Semprit
Berbentuk bunga dan berhiaskan sukade (irisan buah kering) dibagian tengahnya, siapa yang tidak terpuka dengan tampilan kue semprit? Dari segi bahan baku, kue kering ini hampir mirip dengan kue sagu keju, hanya berbeda pada penggunaan tepung saja.

Kue semprit menggunakan lebih banyak tepung terigu, sedangkan kue sagu sesuai namanya menggunakan tepung sagu. Mengapa dinamakan kue semprit? Mungkin karena orang Indonesia kesulitan menyebutkan ‘spuit’ proses pencetakan kue menggunakan plastik segitiga dan besi corong khusus untuk membuat kue, sehingga muncullah istilah kue semprit.

Sukade yang digunakan dalam resep kue semprit ini adalah sejenis manisan kering dari labu. Biasanya di psaran terdapat tiga warna sukade, warna merah, hijau, dan kuning. Di dalam resep ini hanya digunakan sukade merah saja. Untuk lebih meriah, anda bisa menggunakan sukade berbagai macam warna.

Bahan-bahan:
  • 350 gr tepung terigu protein sedang
  • 100 gr tepung maizena
  • 200 gr mentega
  • 200 gr gula bubuk
  • 4 kuning telur
  • 2 putih telur
  • 50 gram Sukade/buah kering untuk hiasan
  • 1 sdt vanila bubuk
  • ½ sdt garam
  • Margarin untuk olesan

Cara membuat:
  1. Kocok mentega dengan ½ bagian gula bubuk hingga mengembang. Masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga tercampur rata.
  2. Masukkan tepung terigu, garam, vanili bubuk dan tepung maizena, aduk perlahan dengan sendok kayu hingga rata.
  3. Kocok putih telur dengan sisa gula bubuk hingga mengembang dan kaku. Masukkan ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.
  4. Masukkan adonan kedalam plastik segitiga yang telah diberi mata spuit bentuk bintang. Semprotkan adonan bentuk bunga di atas loyang datar yang telah diolesi margarin. Hias bagian atasnya dengan sukade.
  5. Panggang dengan suhu 160°C selama 25 menit hingga matang dan kering. Angkat dan biarkan dingin. Simpan dalam stoples kedap udara.

Karena bentuk kue ini yang cantik, dengan dikemas sederhana pun kue ini sudah bisa menjadi suguhan yang menarik di meja anda. Selamat mencoba resep kue semprit dan semoga berhasil.

3. Resep kue sagu keju


Resep Kue Sagu Keju
Kue kering bertekstur lembut ini biasanya menjadi primadona saat Lebaran, bersama dengan kaastangel dan kue nastar. Bahan utamanya dari tepung sagu, sehingga ketika kue ini digigit, ia akan lumer dengan sendirinya di mulut. Berpadu dengan parutan keju cheddar yang gurih, akan semakin menambah cita rasa lezat. Cara membuat kue sagu keju pun tidaklah terlalu rumit. Bahan-bahannya juga mudah di dapat di toko bahan kue.

Yang harus diperhatikan saat pembuatan kue sagu keju, biasanya adonan kue terlalu encer sehingga sulit dicetak dan bentuknya menjadi tidak cantik saat dipanggang. Untuk menghindari hal ini terjadi, kocok mentega dalam keadaan beku, sehingga mentega tidak mengeluarkan minyak saat dikocok.

Tips berikutnya, untuk mencegah kue gosong, panggang kue sagu keju dengan suhu oven rendah, atau gunakan loyang dengan alas yang agak tebal (loyang jenis insulated). Jika tidak mempunyai loyang jenis ini, bias juga dengan menggunakan 2 lapis loyang aluminium biasa.

Kue sagu keju termasuk jenis kue kering yang mudah melempem jika terkena angin. Oleh sebab itu, anda bisa membuatnya ketika sudah mendekati hari Lebaran. Atau jika sudah terlanjur melempem, bisa juga dipanggang ulang dengan oven suhu rendah selama 5 menit, berikut ini adalah cara membuatnya.

Bahan-bahan:
  • 400 gr tepung sagu, sangrai hingga kekuningan
  • 200 gr gula bubuk
  • 2 butir telur
  • ½ sdt garam
  • 200 gr mentega
  • 100 gr keju cheddar parut
  • Margarin untuk olesan

Cara membuat:
  1. Kocok mentega dan gula bubuk hingga putih dan mengembang. Masukkan telur, kocok hingga rata.
  2. Masukkan keju parut, garam, dan tepung sagu. Aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
  3. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang telah diberi spuit. Semprotkan adonan bentuk bunga ke dalam loyang datar yang telah diolesi margarin.
  4. Panggang dengan suhu 160C selama 25 menit hingga matang dan kering. Angkat, biarkan dingin.
  5. Simpan dalam stoples kedap udara.

Bagaimana mudah bukan cara membuat kue ini? Selamat mencoba resep kue sagu keju dan semoga tamu-tamu anda di Hari Raya sangat menyukai kue kering buatan anda.

4. Resep kue kering kacang mede


Resep Kue Kering Kacang Mede
Pemandangan indah kue-kue kering yang tersaji di hari raya pasti berkesan bagi Anda. Mulai dari setoples penuh kue nastar, putri salju, hingga kastengels mungkin terbayang akrab di dalam memori Anda. Salah satu kue wajib yang disajikan adalah kue berbahan dasar kacang, seperti yang resepnya akan kami sajikan di bawah ini, ya ap resep kue kering kacang mede.

Kacang memiliki citarasa gurih, wangi dan tekstur yang menggigit di lidah, oleh karena itu tak jarang orang mengunakan kacang sebagai campuran kue kering. Bagaimana jika kacang tanah dan mede digabungkan? Dijamin pasti rasanya lezat! Anda masih ragu? Makanya, yuk coba resep kue kering kacang mede dari kami.

Bahan-bahan:
  • 125 gram gula halus
  • 150 gram margarin
  • 1 kuning telur
  • 250 gram tepung terigu protein rendah
  • 1 sendok makan susu cair
  • 100 gram kacang mede sangrai, didinginkan, dihaluskan
  • ½ sendok teh baking powder
  • 2 kuning telur untuk olesan
  • 75 gram kacang mede, belah dua, sangrai setengah matang.

Cara membuat:
  1. Siapkan oven, panaskan hingga suhu 150ºC.
  2. Kocok margarin dan gula halus menggunakan mixer berkecepatan tinggi selama 2 menit. Tambahkan kuning telur dan susu cair sedikit demi sedikit. Kocok kembali hingga rata.
  3. Masukkan kacang tanah ke dalam adonan, aduk rata menggunakan spatula. Masukkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
  4. Giling adonan hingga tebalnya sekitar 2-3 cm. Cetak bulat dengan diameter 3 cm, atau dengan cetakan berbentuk bulan sabit. Letakkan di loyang yang telah dioles mentega/margarin sebelumnya, beri jarak antar kue.
  5. Oleskan kuning telur ke atas kue, letakkan satu buah kacang mede di atasnya.
  6. Oven dengan api bawah, suhu 150ºC selama 40 menit sampai matang.
  7. Angkat dan dinginkan, masukkan ke toples kedap udara untuk penyimpanan.

Bagaimana, mudah bukan membuat sendiri kue kering kacang mede? Tidak perlu membeli kue toplesan di toko-toko kue yang belum terjamin kualitas dan kebersihannya. Buat sendiri, dijamin kelezatannya. Yuk kita langsung coba di dapur sendiri! Selamat mencoba.

5. Resep cheese stick pedas


Resep Cheese Stick Pedas
Anda mungkin mengalami hari buruk atau kurang menyenagkan, atau membutuhkan sesuatu untuk tetap berkonsentrasi dan tidak mengantuk saat bekerja. Mengapa tidak coba makanan ringan yang gurih dan pedas seperti resep yang akan kami sajikan di bawah ini, yakni resep cheese stick pedas!

Pada dasarnya, penganan ini adalah cheese stick (stik keju) yang diberi cita rasa pedas sehingga lebih menggigit, berbeda dari cheese stick biasa. Anda dapat membuat makanan ringan ini di rumah dengan melihat resep cheese stick di bawah ini. Jadikan bekal untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari. Jangan lupa untuk menyesuaikan level kepedasan sesuai dengan lidah Anda!

Bahan-bahan:
  • 500 gram terigu berprotein sedang
  • 200 gram tepung sagu
  • 100 gram cabai bubuk, atau sesuaikan dengan selera
  • 1 sendok makan maizena
  • 250 gram keju parmesan, parut
  • 100 gram mentega
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 1 sdt baking powder
  • 200 ml air es
  • 1 sdt garam
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat:
  1. Aduk semua bahan kering, tambahkan keju parut dan cabai bubuk.
  2. Masukkan telur dan sebagian air. Uleni dengan tangan, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan menggumpal
  3. Tambahkan mentega, uleni adonan hingga kalis
  4. Giling adonan dengan gilingan pasta. Potong sedikit adonan, gunakan mata gilingan yang rata. Giling hingga menjadi lembaran tipis. Kemudian gunakan mata gilingan untuk pemotong mie, masukkan lembaran adonan tipis ke dalamnya, giling
  5. Potong-potong sesuai selera anda, letakkan di atas loyang yang ditaburi terigu.
  6. Goreng Cheese Stick di minyak yang banyak, panaskan terlebih dahulu. Goreng dengan api sedang hingga matang kekuningan.

Serap minyak saat meniriskan Cheese Stick dengan kertas roti atau serbet. Agar Stick pedas ini awet disimpan dalam waktu lama, masukkan dalam toples atau kaleng yang kedap udara. Bagaimana, mudah bukan membuat penganan yang satu ini? Cheese Stick pedas siap dinikmati.

6. Resep kue semprit almond


Resep Kue Semprit Almond
Aneka kue kering memang pas disajikan pada saat hari raya besar keagamaan atau hari biasanya karena dapat bertahan lama dan cukup mudah membuatnya. Bahan–bahan yang diperlukan juga cukup mudah ditemukan di pasar tradisional dekat rumah atau supermarket besar.

Cara membuat aneka kue kering antara kue yang satu dengan yang lainnya ada kemiripan, sehingga dapat diaplikasikan dengan jenis isian yang lain tergantung selera. Resep kue semprit almond ini sangat popular di seluruh Indonesia. Rasa kue semprit almond ini sangat gurih dan renyah pasti bikin ketagihan. Yuk mari disimak resepnya.

Bahan-bahan:
  • 1 butir telur
  • 100 gram mentega
  • 125 gram gula halus
  • 50 gram almond cincang halus
  • 200 gram terigu
  • Kantong plastik segitiga
  • Spuitan bintang besar

Cara membuat:
  1. Siapkan loyang besar, oleskan dengan mentega, sisihkan;
  2. Kocok telur, kemudian masukkan mentega, gula pasir di kocok sampai rata dan adonan lembut.;
  3. Masukkan almond dan terigu, aduk rata;
  4. Setelah rata, masukkan adonan ke dalam kantong plastik segitiga spuit, buat adonan berbentuk bintang besar di atas loyang besar;
  5. Taburkan almond cincang di atasnya;
  6. Oven hingga 170 derajat celcius sampai kering dan matang.

Setelah dingin, simpan di wadah kedap udara. Satu toples siap di hidangkan dengan cantik di ruang tamu. Jika suka, Anda dapat mengganti almond dengan kacang mede. Dapat juga ditambahkan didalam adonannya yaitu rempah-rempah seperti lada, kayu manis, jahe, cengkeh, kapulaga dan pala.

7. Resep kue garpu asin


Resep Kue Garpu Asin
Kue Garpu, dari namanya kue ini bukan berasal dari garpu yaa, melainkan kue ini dibentuk dengan menggunakan sendok garpu sehingga disebut dengan kue garpu. Resep Kue Garpu ini memiliki rasa yang asin dan gurih. Rasa gurihnya didapatkan dari santan dan mentega yang menjadi bahan dasarnya, Kue Garpu ini juga menjadi lebih harum karena campuran dari daun seledri. Mari kita intip resepnya dibawah ini.

Bahan-bahan:
  • 150 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung kanji
  • 1 sdm mentega
  • 50 ml santan kental
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt penyedap rasa
  • 1 helai daun seledri (iris halus)
  • ½ liter minyak goreng

Cara membuat:
  1. Campurkan kedua macam tepung. Setelah itu, masukkan garam dan penyedap rasa. Lalu masukkan santan dan mentega, aduk sampai kalis
  2. Masukkan irisan daun seledri, aduk rata, sisihkan
  3. Ambil sedikit adonan, kemudian pipihkan dengan garpu, gulung. Ulangi sampai adonan habis
  4. Goreng adonan sampai matang dan kecokelatan.
  5. Angkat dan sisihkan Sajikan

Cukup mudah membuat resep kue garpu ini karena anda hanya tinggal mencampurkan semua bahan dan mengaduknya hingga kalis. Jika anda tidak mau menambahkan penyedap rasa dalam adonan kue garpu ini tidak masalah, anda bisa menggantikannya dengan menambahkan sedikit gula pasir sebagai penstabil ke gurihan rasanya.

8. Resep kue kering oatmeal apel


Resep Kue Kering Oatmeal Apel
Oatmeal atau olahan gandum sudah dikenal memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh, terutama tekait dengan kelancaran metabolism didalam tubuh. Namun tahukah anda, bahwa banyak cara mengolah gandum menjadi bahan makanan yang dapat diolah menjadi menu yang bernutrisi. Salah satunya adalah rolled oat.

Rolled oat dibuat dari biji gandum segar yang dikukus hingga agak lembut, kemudian dipress dan dikeringkan. Rolled oat menyerap air dan lebih cepat dimasak dibandingkan oat jenis lainnya, oat jenis ini dapat mempertahankan bentuknya saat memasak sehingga menghasilkan tekstur yang khas.

Bagaimana jika rolled oat digabungkan dengan apel dan dibuat menjadi camilan anda sehari-hari? Tentunya anda tidak akan melewatkan resep kami kali ini, resep kue kering oatmeal apel. Untuk membuatnya cukup mudah, kok, yuk mari disimak.

Bahan-bahan:
  • 4 sdm mentega tawar, lelehkan
  • 200 gr brown sugar
  • 100 gr gula pasir
  • 1 buah telur
  • 120 mL puree apel siap pakai
  • 125 gr rolled oats
  • 125 gr tepung terigu serbaguna
  • ½ sdt baking soda
  • ¼ sdt baking powder
  • ¼ sdt garam kasar
  • 150 gr kismis kuning
  • 230 gr gula bubuk
  • 3 sdm sirup mapel murni

Cara membuat:
  1. Panaskan oven hingga 180 derajat celcius
  2. Masukkan gula dan mentega, kocok dengan mixer pada kecepatan rendah.
  3. Tambahkan telur dan puree apel, kocok selama 2-3 menit hingga rata.
  4. Masukkan oat, tepung terigu, baking soda, baking powder, dan garam. Campur rata.
  5. Masukkan kismis ke dalam adonan.
  6. Gunakan scoop es krim berukuran 4 cm, ambil adonan dan teteskan pada loyang yang sudah dilapisi kertas perkamen. Beri jarak untuk tiap adonan.
  7. Panggang kue hingga berwarna keemasan selama 13-15 menit. Biarkan dingin di atas loyang selama 5 menit.
  8. Pindahkan kue ke atas rak, biarkan agar dingin seluruhnya.
  9. Membuat icing: campur gula pasir, sirup dan tiga sendok makan air dan kocok hingga lembut.Teteskan di atas kue dan biarkan mengeras.

Setelah lapisan icing mengeras, kukis dapat disimpan dalam wadah kedap udara untuk menjaga kesegarannya. Kukis dapat tahan 5-7 hari. Anda dapat berkreasi membuat bingkisan kecil kukis untuk kerabat atau teman-teman terdekat Anda, dijamin semakin menambah keakraban! Selamat berkreasi dirumah.

9 Resep kue belinjo


Resep Kue Belinjo
Apakah anda tau kue belinjo? Jika belum tau maka kalian akan segera mengetahuinyajika membaca artikel ini. Kue belinjo adalah kue kering yang adonan dasarnya sama dengan kue kering biasa namun yang membedakannya kue belinjo ini selain menggunakan tepung terigu tapi diberi juga denga campuran kacang tanah/kacang hijau kupas yang telah disangrai dan dihaluskan.

Rasanya lebih gurih dan aromanya lebih harum dibandingkan dengan kue kering pada umumnya. Berikut ini adalah cara membuatnya silahkan and abaca dan simak jangat sampai ada yang terlewatkan.

Bahan-bahan:
  • 250 gram kacang tanah / hijau kupas, sangrai, haluskan
  • 100 gram tepung terigu protein sedang, misal Segitiga
  • 150 gram mentega
  • 100 gram gula bubuk
  • ½ sdt garam
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 2 kuning telur
  • 1 putih telur
  • 2 kuning telur, untuk olesan
  • Margarin secukupnya, untuk olesan

Cara membuat:
  1. Kocok mentega dengan gula bubuk hingga putih dan mengembang. Masukkan telur satu persatu, kocok kembali hingga rata
  2. Masukkan kacang yang telah dihaluskan, garam, vanili bubuk, dan tepung terigu, aduk perlahan dengan sendok kayu hingga tercampur rata
  3. Bentuk adonan sesuai selera. Letakkan dan susun ke dalam loyang datar yang telah diolesi margarin. Olesi atasnya dengan kuning telur
  4. Panggang dengan suhu 160 derajat Celcius 25 menit hingga matang dan kering, angkat dan biarkan dingin
  5. Simpan ke dalam toples kedap udara

Jika Anda lebih menginginkan rasa yang lebih lezat lagi Anda bisa menambahkan campuran butter sebagai pengganti menteganya, dijamin kue ini akan menjadi super lezat lagi. Jika Anda bosan dengan kue kering nastar atau kastengel yang biasa-biasa saja dan memang umum disajikan, makanya sekarang cobalah buat Kue Belinjo ini dijamin sekali mencoba pasti semua akan ketagihan untuk memakannya.
Baca juga: Resep membuat kue bolu kukus warna-warni
Itulag daftar resep kue kering untuk lebaran yang dapat kami bagikan kepada anda. Untuk resep kue yang lain akan kami bagikan di artikel selanjutnya, untuk it uterus kunjugi blog ini agar tidak ketinggalan informasi. Jangan lupa untuk berbagi cerita di kolom komentar dan share juga artikel ini keteman-teman kalian ya! Semoga berhasil membuat kuenya.

Berikan komentar anda dengan kalimat yang baik dan sopan.
EmoticonEmoticon