Sunday, March 18, 2018

Resep Membuat Kolak Pisang dan Ubi Spesial

Resep kolak ubi dan pisang menu takjil berbuka puasa
Kolak pisang dan ubi
Kolak pisang dan ubi - Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai resep kue kering untuk lebaran. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai makanan khas Indonesia lainnya yang tidak kalah menarik.

Makanan yang akan kita bahas ini mempunyai rasa manis gula merah, bersantan, dicampur pisang dan ubi, makanan ini biasa disebut kolak. Kali ini kami akan berbagi resep untuk membuat kolak pisang dan ubi.

Kolak adalah salah satu menu takjil favorit untuk berbuka puasa. Takjil ini banyak disukai karena memiliki rasa yang manis dan juga mengenyangkan, sehingga cocok sekali untuk menu berbuka puasa. Salah satu kolak yang paling populer dan digemari oleh masyarakat adalah kolak pisang yang dipadukan dengan campuran ubi jalar.

Tidak hanya di bulan Ramadan saja, kolak pisang dan ubi juga nikmat disantap di hari-hari biasa. Kolak pisang ubi bisa dinikmati dalam keadaan hangat atau dingin. Bagaimanapun rasanya tetap mantap dan cukup mengenyangkan.

Cara membuat kolak pisang dan ubi ini sangat mudah. Tapi bagaimanapun semua ada tehniknya, agar kematangan dan teksturnya pas. Jadi tidak ada bahan yang terlalu lembek / hancur apalagi ada bahan yang belum matang.

Ubi dan pisang memiliki waktu memasak dengan kematangan yang berbeda. Pisang lebih cepat matang ketimbang ubi. Jadi kita harus memasak ubi terlebih dahulu agar hasil akhirnya bagus dengan kematangan yang merata.

Ubi kita rebus terlebih dahulu hingga matang. Baru setelah itu, kita masukkan pisang dan didihkan kembali hingga pisangnya setengah matang. Selanjutnya, kita bisa menambahkan gula dan bahan-bahan lainnya. Masukkan gula merah yang sudah diserut, gula pasir, garam dan daun pandan untuk menambah aroma. Masak hingga gula larut sepenuhnya.

Sampai disini, semua bahan telah matang merata dan gula sudah larut seluruhnya. Langkah terakhir, masukkan santan. Masak lagi hingga mendidih. Angkat. Pisang yang biasa digunakan untuk membuat kolak adalah pisang kepok, pisang tanduk, pisang uli atau bisa juga pisang raja. Pisang-pisang tersebut memiliki tekstur yang empuk dan tidak lembek saat direbus. Sehingga hasilnya cantik dengan tekstur pisang yang pas.

Nah, untuk memudahkan dalam membuat kolak, kalian bisa mengikuti step by step cara membuat kolak pisang dan ubi berikut ini. Dibawah ini juga terdapat daftar bahan-bahan yang kita perlukan untuk resep kolak pisang dan ubi spesial kali ini. Yuk simak selengkapnya jangan sampai ada yang terlewatkan.

Resep kolak pisang campur ubi


Bahan-bahan:

  • 7 bh pisang kepok / pisang raja / pisang tanduk / pisang nangka
  • 3-4 bh ubi ukuran sedang
  • 250 gr gula jawa / gula merah
  • 100 gr gula pasir
  • 250 ml santan kental
  • 1/2 sdt garam
  • 3 lbr daun pandan, ikatkan
  • air secukupnya

Cara membuat:

  1. Kupas dan cuci bersih ubi. Potong berbentuk dadu, sebaiknya potongan ubi tidak terlalu besar agar lebih cepat matang dan empuk.
  2. Kupas pisang. Potong-potong pisang sesuai selera.
  3. Sebagai langkah pertama, kita rebus ubinya terlebih dahulu. Rebus ubi hingga matang dan empuk.
  4. Setelah ubi matang, baru masukkan pisang. Rebus hingga pisang hampir matang.
  5. Masukkan gula jawa dan gula pasir, garam, serta daun pandan. Masak hingga semua gula larut dan semua bahan matang sempurna.
  6. Masukkan santan. Masak lagi hingga mendidih.
  7. Angkat kolak dan sajikan selagi hangat atau bisa juga disajikan dalam keadaan dingin bersama es batu.

Nah itulah resepnya dan cara membuatnya, sangat gampang bukan? Resep kolak pisang dan ubi memang mudah dan bisa dibuat oleh Anda yang tidak memiliki keahlian memasak sekalipun. Tehniknya cuma terletak pada waktu memasukkan bahan, bahan yang lebih lama matang kita masukkan paling dulu.

Untuk resep kolak pisang dan ubi yang tidak menggunakan santan, bahan-bahannya masih sama. Cuma minus santan saja dan bisa diganti dengan susu putih untuk mendapatkan cita rasa gurihnya. Selamat mencoba ya! Jangan lupa share juga resep ini ke teman kalian, siapa tau mereka juga ingin membuatnya.

Berikan komentar anda dengan kalimat yang baik dan sopan.
EmoticonEmoticon