Wednesday, May 17, 2017

Resep Membuat Kolak Biji Salak Manis dan Gurih

Resep Membuat Kolak Biji Salak Manis dan Gurih
Kolak Biji Salak Manis
Kolak biji salak. Pada artikel sebelumya kami telah membahas mengenai resep kue basah chake, untuk artikel kali ini kami akan membahas mengenai penganan asli Indonesia lainya. Sajian yang satu ini memiliki kuah santan dan rasanya manis gula merah atau gula jawa, yaa sajian tersebut yaitu kolak. Kolak memiliki jenis yang bervariasi salah satunya adalah kolak biji salak.

Kolak biji salak merupakan hidangan tradisional yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar berupa ubi dan santan kelapa. Makanan ini biasanya dijajakan di pasar-pasar tradisional, pedagang pinggir jalan maupun di pemukiman-pemukiman penduduk.

Biasanya, kolak biji salak dijual pada pagi hari dan sore hari, terutama pada saat bulan Ramadan jajanan yang satu ini menjadi begitu populer sebagai hidangan takjil berbuka puasa dan ramai dijajakan pada sore hari pada saat ngabuburit. Makanan ini memang sangat cocok sekali untuk berbuka puasa karena rasanya yang manis, gurih juga mengenyangkan perut setelah berpuasa seharian.

Kolak biji salak memiliki tekstur yang kenyal serta cita rasa yang manis karena mengandung banyak gula jawa. Resep kolak biji salak yang sederhana terdiri dari ubi, gula dan santan sehingga cita rasanya bisa ditebak antara manis dan gurih. Pokoknya lezat dan maknyus!

Kolak biji salak memang banyak dijajakan dan dapat kita peroleh dengan mudah plus harga yang sangat terjangkau. Namun tidak ada salahnya jika kita gemar memasak dan membuatnya sendiri di rumah. Kita bisa menggunakan ubi dari jenis apapun sesuai selera dan kreasi masing-masing, yang pastinya tak kalah lezat dengan kolak biji salak yang biasa kita beli.

Bagi anda yang penasaran ingin membuat kolak biji salak sendiri dirumah, berikut ini kami bagikan resep untuk membuat kolak biji salak. Anda dapat membaca dan mempraktikannya dirumah anda. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kita persiapkan.

Resep Kolak Biji Salak Manis


Bahan resep kolak biji salak

  • 250 gr ubi
  • 80 gr tepung tapioka / sagu
  • 1/2 sendok teh garam
  • Air untuk merebus

Bahan kuah

  • 250-350 gr gula jawa (sesuai selera)
  • 2 lbr daun pandan
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 250 ml air

Campuran santan

  • 100 ml santan kental
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lbr daun pandan

Cara membuat kolak biji salak

  1. Kukus ubi hingga lunak, haluskan selagi panas biar mudah hancur dengan menggunakan sendok nasi dan biarkan agak mendingin.
  2. Masukkan tepung tapioka / sagu / aci bersama 1/2 sendok teh garam. Aduk menggunakan tangan hingga kalis.
  3. Bentuk bulatan-bulatan kecil sebesar biji salak, sisihkan.
  4. Didihkan air, masukkan biji salak (ubi yang telah dibentuk bulatan tadi) kedalam air mendidih.
  5. Jika biji salak sudah mengapung itu tandanya matang, angkat, sisihkan.
  6. Membuat kuah : didihkan air bersama gula jawa, garam, vanili bubuk dan daun pandan.
  7. Masak hingga gula jawa terlarut dan daun pandan agak layu. Angkat dan sisihkan.
  8. Membuat campuran santan : didihkan sebentar santan bersama garam dan daun pandan. Angkat dan sisihkan. Note : sebenarnya santan dapat digunakan langsung sebagai campuran, namun dengan merebusnya sebentar santan dapat bertahan lebih lama.
  9. Untuk menyajikannya, masukkan biji salak kedalam mangkok saji, tuang kuah gula kedalamnya dan terakhir tuangkan santan.
  10. Kolak biji salak siap dinikmati.

Resep kolak biji salak memang sederhana, cara membuat kolak biji salak juga terbilang mudah walaupun buat pemula. Penganan yang satu ini bisa dinikmati baik dalam keadaan hangat maupun dingin. Biasanya, kolak biji salak disajikan bersama es batu pada saat dinikmati di siang hari atau ketika dijadikan menu takjil atau berbuka puasa.

Semua tergantung selera, yang pasti kenikmatannya mampu memberikan energi baru karena kaya akan karbohidrat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya, jangan lupa share juga resep ini ke teman-teman anda, siapatau mereka juga ingn membuatnya dirumah!

11 comments

Kayaknya Lezat ni wajib di coba cherr

ngiler gan hadeuhh
jadi pngn cpt2 puasaaa..

unik nih dari biji salak, rasanya gimana meyakinkan ngga ? hehehe

bisa di coba nih sekalian untuk menyambut bulan suci ramadhan

Biji salak??
bisa dimakan nggak bijinya gan? hihi
Terimakasih untuk resepnya gan (y)

Mantap gan artikelnya jadi ngiler mau coba dan cocok buat buka puasa nanti ni apa lagi sekrang udah dekat blan ramadhan

njirr,.. sampek ngiler ane,.. :v ijin bookmark gan :)

bentar lagi puasa, semoga nanti bisa bikin

wah ternyata biji salak juga bisa di gunakan jadi bahan olahan makanan ya, baru tau saya, besok" mending saya kumpulin biji salak ya buat di jadikan makanan

Baru tau ane, tpi bisa di coba dengan biji salak

Berikan komentar anda dengan kalimat yang baik dan sopan.
EmoticonEmoticon