Saturday, October 28, 2017

19 Makanan yang Baik Untuk Pertumbuhan Anak

Makanan untuk tumbuh kembang anak
Makanan sehat untuh anak. Dalam masa pertumbuan, seorang anak sangatlah membutuhkan gizi dan nutrisi yang optimal seperti makanan kaya serat, mineral dan juga vitamin. Semakin bertambahnya usia anak maka bertambah pula aktivitasnya maka dari itu orang tua wajib memberikan makanan yang bernutrisi yang cukup agar tumbuh kembangnya semakin baik dan maksimal, untuk itu diperlukan makanan yang sehat dan baik untuk pertumbuhan anak.

Setiap orang tua pastinya ingin memberikan makanan yang bergizi untuk anaknya. Jenis makanan yang baik untuk anak dipercaya dapat membantu anak-anak untuk mendapatkan asupan gizi yang baik. Berikut ini adalah makanan yang mengandung nutrisi yang sangat diperlukan dalam masa pertumbuhan anak.

1. Telur

Telur dikenal dengan makanan kaya protein selain itu, kandungan vitamin D dalam telur sangat baik untuk tubuh anak karena dapat membantu tubuh menyerap kalsium. Komsumsilah telur saat sarapan karena akan membantu anak merasa kenyang lebih lama dan tentu saja anak akan berenergi seharian.

2. Susu

Dalam segelas susu terdapat banyak sekali kandungan kalsium dan protein yang merupakan bahan bakar utama bagi otak dan tubuh Anak. Kalsium dalam susu dapat menjaga gigi dan tulang anak Anda tetap kuat. Sedangkan protein dalam susu berfungsi untuk pembentukan jaringan otak anak.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan protein yang berkualitas tinggi yang sangat baik untuk perkembangan otak anak. Protein dalam salmon adalah lemak sehat omega 3 yang juga dapat mencegah depresi dan memiliki kemampuan sebagai anti radang. Sajikan ikan salmon dalam makan siang anak. Anda bisa menyajikan resep Ikan Salmon Panggang Bumbu atau Tim Salmon Saus Kecap dirumah.

4. Buah-Buahan

Semua buah-buahan sangat baik untuk anak karena dalam buah terdapat semua kebutuhan vitamin dan mineral tubuh. Buah juga kaya akan serat yang cocok untuk tubuh anak dan dapat memperlancar pencernaan. Berikan buah kepada anak setiap hari, pilihlah buah kesukaan anak Anda seperti apel, alpukat, melon, pisang, kiwi, jeruk, berry dan lainnya. Anda bisa menyajikan buah secara utuh kepada anak atau dalam bentuk minuman seperti jus dan lainnya.

5. Brokoli, Kol, Kale

Sayuran memang sangat baik untuk tubuh, tetapi untuk anak-anak pilihkan sayuran dengan terkstur crunchy seperti brokoli, kol dan kale ini karena lebih disukai oleh anak-anak. Dan ternyata dalam sayuran ini mengandung phytonutrient yang dapat menurunkan resiko berbagai jenis kanker di kemudian hari dan juga menyehatkan saluran pencernaan anak. Sayuran ini bisa memaksa tubuh untuk memproduksi enzin tertentu yang berguna untuk membuang racun dalam tubuh.

6. Buah Tomat

Tomat dapat mencegah kanker karena mengandung likopen, sejenis antioksidan yang baik. Hindari memakan tomat secara mentah dan lebih baik memasak tomat terbeih dahulu karena dalam proses pemasakan kandungan likopen dalam tomat akan keluar. Sajikan tomat sebagai bahan sup atau jus untuk anak Anda.

7. Kacang-Kacangan

Sajikan menu kacang-kacangan saat pagi hari karena dapat meningkatkan energi anak sepanjang hari. Kacang-kacangan mengandung lemak sehat yang dapat membantu tumbuh kembang anak Anda. Selain itu mengkonsumsi kacang-kacangan juga baik untuk kesehatan jantung.

8. Tahu Tempe

Bahan makanan yang terbuat dari kedelai seperti tahu dan tempe merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Anak perempuan sangat baik untuk mengkonsumsi tahu tempe karena dapat melindungi tubuhnya saat dewasa nanti dari kanker terutama kanker payudara. Selain tahu tempe anda juga bisa juga mengkonsumsi susu kedelai.

9. Yoghurt

Dalam yoghurt terdapat probiotik sejenis bakteri baik yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menyehatkan saluran pencernaan anak. Untuk anak-anak pilihlah plain yoghurt, karena mengandung protein dua kali lebih banyak dan lebih sedikit gula dibandingkan dengan jenis yoghurt lain seperti yoghurt berperisa.

10. Oatmeal

Semangkuk oatmeal cocok untuk sarapan anak karena akan menambah daya konsentrasi anak seharian, nutrisi dalam oatmeal pun mengalirkan energi yang baik. Dalam sebuah penelitian pun disebutkan bahwa anak yang mengkonsumsi oatmeal di pagi hari memiliki konsentrasi yang lebih baik disekolah. Maka energi anak seharian akan terpenuhi bukan.

11. Cocoa (Bubuk Cokelat)

Bubuk cokelat atau biasa disebut dengan cocoa memiliki kandungan flavonoid lebih tinggi dibandingkan dengan cokelat yang sudah diproses. Flavonoid dapat membantu menjaga kesehatan jantung, melindungi kulit dari radiasi, menjaga tekanan darah dan kesehatan mulut. Pilihkan bubuk cokelat dengan komposisi 70% cokelat asli. Anda dapat menyajikannya sebagai minuman hangat, menaburkan diatas pancake, waffle dan juga roti panggang agar anak menyukainya.

12. Madu

Madu sangat pas untuk anak-anak . Anda bisa menyajikan madu dengan air atau teh hangat saat pagi hari, ini berguna untuk mengobati batuk. Madu juga merupakan pemanis alami cocok untuk disajikan dengan sereal, oatmeal atau roti panggang.

13. Mentimun

Mentimun atau timun memiliki kandungan air yang tinggi juga rendah kalori. Sayuran hijau lainnya juga cocok untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

14. Jagung

Jagung juga sangat baik untuk pertumbuhan anak sama halnya dengan gandum. Didalam jagung terdapat antioksidan juga serat dan protein yang tinggi. Anda bisa menyajikan jagung rebus dirumah atau bisa juga mengolah jagung menjadi sup jagung dengan tambahan daging kepiting dan kue jagung.

15. Daging Ayam

Daging ayam juga sagat baik untuk anak-anak karena mengandung lemak jenuh dan protein yang pas untuk pertumbuhan. Teksturnya yang lembut biasanya akan disukai anak-anak. Anak mana coba yang tidak suka dengan daging ayam, Anda bisa menyajikan daging ayam dengan berbagai macam masakan seperti tumisan atau ayam goreng.

16. Keju

Keju mengandung banyak protein, vitamin D dan juga kalsium yang berguna untuk pertumbuhan tulang. Sajikan keju dengan makanan lainnya seperti roti panggang dipagi hari, atau sereal. Jika masih ada sisa nasi tidak ada salahnya Anda membuat nasi kepal dengan isian potongan keju didalamnya.

17. Wortel

Semua orang pasti tahu jika wortel adalah sayuran yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak karena banyaknya nutrisi didalamnya pas untuk anak, selain itu wortel juga sangat baik untuk kesehatan mata karena banyak mengandung vitamin A. Sajikan wortel sebagai sayuran atau jus buah dirumah.

18. Beras Merah

Beras merah memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih. Anda bisa mengolah beras merah menjadi roti, kerupuk dan juga bubur. Anda yang sedang dietpun juga bisa mengkonsumsinya.

19. Paprika

Dalam paprika ada lebih banyak vitamin C daripada buah jeruk. Anda bisa menyajikan paprika dengan mie seperti Paprika Isi Mie atau menyajikannya dengan telur dan jamur seperti Omelet Jamur Paprika.

Itulah daftar makanan yang baik utuk pertubuhan anak-anak semoga artikel ini bermanfaat bagi anda terutama bagi ibu-ibu yang buah hatinya ingin tumbuh cerdas dan sehat. Terus kunjungi blog ini untuk mendapatkan informasi mengenai resep masakan dan tips-tips kesehatan yang akan kami bagikan disini. Anda juga dapat memfollow akun Facebook kami untuk mendapatkan informasi terupdate lainya.

Friday, October 20, 2017

Resep Tekwan Jajanan khas Palembang

Tekwan palembang
Tekwan makanan palembang. Halo sahabat pecinta kuliner nusantara bagaimana kabar anda semua? Semoga baik dan selalu sehat. Jika pada postingan sebelumnya kami telah berbagi resep masakan khas Jawa yaitu Resep tempe bacem nusantara, jika kalian belum membacanya anda dapat membaca di artikel sebelumnya.

Pada postingan kali ini kami akan berbagi mengenai kuiner khas dari daerah Palembang yang nikmat dan segar yaitu tekwan. Selain pempek ternyata di Palembang juga ada teman kuliner yang enak lainnya yaitu tekwan. Secara kasap mata jika dilihat, makanan tekwan hampir mirip bakso bening, namun setelah dicoba tentunya rasanya sangat berbeda.
Mungkin diantara para sahabat pembaca disini masih ada yang belum tau dan merasa asing dengan Tekwan jajanan khas Palembang ini dan bertanya-tanya dalam hati, Apa itu Tekwan? Tapi bagi pencinta kuliner yang sudah pernah berkunjung ke Palembang tentu sudah tak asing lagi dengan jajanan yang satu ini (Tekwan).
Rasa tekwan sangat segar dan enak, aroma rempah yang ada dikuah dan rasa ikan tengirinya sangat khas dan menggugah selera. Biasanya yang suka rasa pedas, pasti menambah sambelnya cukup banyak dan itu membuat tekwan semakin enak buat para pecinta makanan pedas. 

Biasanya tekwan dijadikan sebagai jajanan bukan sebagai makanan pokok. Meskipun terlihat seperti makanan berat namun sebenarnya kurang mengenyangkan apalagi kalau makannya cuma sedikit hahaha. Saya pribadi adalah pecinta jajanan, sehingga terkadang sering penasaran dan mencaritahu rahasia-rahasia resep untuk membuat jajanan yang enak.

Cara membuat tekwan sangat mudah meskipun bahannya bermacam-macam, variasi bahan bisa kita sesuaikan dengan selera kita. Penyajian tekwan juga cukup praktis, jika anda sudah pernah membuat soto atau bakso pasti sudah tidak merasa repot lagi dalam menyajikan segala jenis sesuatunya. 

Tekwan juga sangat cocok dijadikan menu jajanan dalam acara hajatan besar seperti khitanan, nikahan, dapat juga anda jadikan sajian istimewa untuk acara arisan-arisan atau hanya sebagai sajian istimewa di ahir pekan bersama keluarga dirumah.

Berikut ini kami akan berbagi bahan dan cara membuat tekwan khas palembang yang enak dan nikmat. Silahkan anda catat dan simak hanya di blog kesayangan anda, berikut ini adalah tekwan khas palembang yang sederhana dan mudah dibuat.

Bahan-Bahan Tekwan :

  • 5 butir kemiri
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • bengkuang secukupnya (dipotong sedang, memanjang kaya kentang goreng)
  • jamur kuping (direndam terlebih dahulu dg air panas)
  • bumbu sedap malam
  • kaldu udang
  • bakso ikan tenggiri
  • bihun (atau soun)

Bumbu Tekwan :

  • 250 g fillet ikan tenggiri, haluskan
  • 2 putih telur ayam
  • 1 sdm garam
  • 200 g tepung sagu
  • lada putih secukupnya
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya

Cara Membuat Tekwan :

  1. Bakso Ikan : Campur ikan, putih telur, dan garam, uleni hingga licin. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil uleni hingga kalis.
  2. Didihkan air. Ambil 1 sdm adonan, bulatkan dengan bantuan dua buah sendok teh. Masak hingga adonan matang dan terapung. Angkat. Tiriskan. 
  3. Tekwan Bakso : kemiri + bawang putih + bawang merah dicincang halus, atau di blender, lalu di tumis sampe wangi. 
  4. Tumisan tadi dimasukkan ke dalam rebusan kaldu, masukkan juga: sedap malam, jamur kuping yg sdh direndam, lada putih, gula pasir secukupnya (pengganti penyedap), garam, bakso ikan.
  5. Sediakan mangkuk cantik, masukkan bihun yang sudah matang kemudian tuangkan tekwan bakso beserta kuah dan seluruh isinya. Sajikan dengan sambal, saus dan kecap sesuai selera anda.

Anda juga dapat menambahkan bahan lain seperti taburan ikan asin yang dicincang halus atau udang rebon diatasnya. Nikmati selagi hangat pasti akan sangat sedap dan membuat ketagihan. Demikian resep tekwan palembang yang gurih dan sedap. Kunjungi terus blog ini dan natikan postingan kami selanjutnya yang tak kalah enak dan sedap tentunya, Semoga postingan ini bermanfaat. “ Selamat mencoba”.

Friday, October 6, 2017

Resep Kue Nastar Selai Nanas Spesial Lebaran

Resep Membuat Kue Nastar Selai Nanas Spesial Lebaran
Kue Nastar Selai Nanas - Halo sahabat semua bagaimana kabar anada semua? Pada artikel kali ini kami akan berbagi resep membuat kue yang sangat familiar di Indonesia. kue yang satu ini memiliki ciri khas dengan selai nanas di dalamnya. Ada juga yang menggunakan selai bluberi, stroberi dan lain sebagainya. Kue ini berbentuk bulat dan biasanya terdapat topping diatasnya, seperti potongan cengkeh atau kismis, Yaaap Kue Nastar Selai Nanas.

Apa itu Kue Nastar? 

Kata nastar sendiri berasal dari bahasa belanda, yaitu ananas dan tart yang artinya tart nanas. Kue ini merupakan salah satu jenis kue yang paling banyak digemari terutama pada hari-hari raya, seperti Idul Fitri, Natal, dan juga tahun baru Imlek. Dalam bahasa inggrisnya sendiri sering disebut "Pineapple Tarts" atau "Pineapple Nastar Roll". Sajian kue lebaran ini terkenal juga pada saat perayaan imlek lho. Kue nastar di Imlek sebenarnya juga sudah merupakan tradisi lama yang wajib disuguhi. Kue kering yang berisikan selai nanas ini mengandung arti dan simbol kemakmuran.

Kue nastar mempunyai tampilan lembut dengan hiasan selai nanas di atasnya. Ada sedikit rahasia bagaimana Cara membuat kue nastar yang lembut, enak, serta spesial untuk acara acara khusus anda. Resep kue nastar termasuk dalam jajaran kue indonesia yang cukup terkenal dan banyak penggemarnya, sehingga setiap menjelang hari Raya selalu banyak pesanan dan harganya pun akan melambung tinggi jika kita membelinya di toko kue. Itulah sebabny kami mencoba untuk memberikan resep kue nastar lengkap dengan petunjuk cara membuatnya.

Yuk para sahabat setia mari kita mencoba belajar cara membuat kue nastar yang termasuk dalam jajanan tradisional ini dengan hiasan selai nanas yang enak dan lembut. Soal isian kue nastar bisa dengan selai nanas atau juga bisa dengan isi coklat atau yang lainnya sesuai dengan selera anda. Keunikan kue nastar ini terletak pada tampilannya yang mewah dengan sapuan susu cair dan kuning telur ayam. Dengan sedikit kreasi maka bisa menjadi kue nastar keju warna warni.

Lalu apa saja baha- bahan untuk membuat kue nastar selai nanas?. Kue nastar Nanas ini menggunakan bahan bahan yang mudah ditemukan seperti tepung terigu, tepung jagung, telur ayam, dan lainnya. Pendek kata anda tidak akan sulit mencari bahan bahan saat akan membuat kue nastar Selai nanas, bahkan yang spesial sekalipun. Soal isiannya bisa dengan selai nanas, coklat cair, meses, dan lainnya.

Nah karena masih dalam tahap belajar, tentunya mencoba membuat kue nastar sederhana dahulu. Meskipun demikian bahan bahan yang digunakan juga harus mempunyai takaran yang pas, sehingga rasa kue nastar yang dihasilkan akan enak, lembut dan rasa spesial. Nanti kalau sudah mahir tentu bisa membuat kreasi kue nastar baru.
Resep Membuat Kue Nastar Selai Nanas Spesial Lebaran
Resep Membuat Kue Nastar Selai Nanas Spesial 
Untuk dapat membuat kue nastar nanas yang enak dan renyah tentunya membutuhkan kesabaran agar kue nastar yang dihasilkan sempurna rasanya. Kalian bisa membuatnya dengan bantuan orang terdekat kalian agar proses membuatnya menjadi lebih mudah dan efisien. Silahkan diikuti dan di catat bahan, Cara Membuat Kue Nastar Selai Nanas berikut ini.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan: 

  • 150 gram margarin
  • 100 gram butter
  • 90 gram gula halus
  • 50 gram susu bubuk
  • 350 gram tepung terigu protein rendah
  • 3 butir kuning telur
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk

Bahan untuk Selai Nanas :

  • 1 buah nanas, diblender atau diparut
  • 200 gram gula pasir
  • 2 butir cengkeh
  • 2 batang kayu manis

Bahan untuk Olesannya :

  • 2 buah kuning telur
  • 1/2 sendok teh air
  • 1/2 sendok teh madu

Cara Membuat Selai Nanas dan Olesan untuk Nastar:

  1. Pertama-tama, masak terlebih dahulu dengan api sedang nanas yang sudah diblender/ diparut, kayu manis dan cengkeh hingga air menyusut. Kemudian masukkan gula pasir, lalu aduk hingga selai menjadi padat dan dapat dibentuk.
  2. Langkah selanjutnya adalah dengan membentuk selai tadi menjadi bulatan-bulatan dengan ukuran sesuai selera anda. Jangan membentuk selai terlalu besar, karena aka menyebabkan selai keluar dan membuat kulit nastar menjadi retak.
  3. Untuk olesannya, masukkan 2 buah kuning telur dan tambahkan 1/2 sendok teh air dan 1/2 sendok madu, kemudian aduk hingga tercampur rata.

Cara Membuat Kulit Kue Nastar:

  1. Langkah selanjutnya yaitu membuat kulit nastar. Silakan masukkan margarin, gula halus, butter, dan vanila bubuk ke dalam wadah (mangkok mixer), kemudian kocok menggunakan mixer sebentar saja, yang penting adonan tercampur rata. Lanjutkan dengan memasukkan kuning telur satu per satu.
  2. Setelah itu, masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk sedikit demi sedikit, kemudian aduk adonan menggunakan sendok kayu/ spatula hingga tercampur rata.
  3. Selanjutnya, ambil sedikit adonan untuk dibentuk. Untuk sisanya (adonan B), silakan dibungkus dengan plastik wrap dan masukkan ke dalam kulkas.
  4. Giling adonan dengan ketebalan kira-kira 1/2 cm. Sebelum menggiling adonan, jangan lupa memberikan alas plastik di kedua sisi. Cetak bundar dengan gelas berdiameter kira-kira 5 cm. Kemudian ambil satu bagian, isi dengan selai dan bentuk bulat.
  5. Lakukan langkah yang sama seperti pada nomor 5, kemudian tata semua adonan yang sudah diberi selai dan dibentuk bulat tadi di atas loyang yang beralas kertas roti/ kertas minyak. Kemudian masukkan juga ke dalam kulkas.
  6. Ambil adonan yang belum dibentuk (adonan B) kemudian lakukan seperti yang terdapat pada nomor 5.
  7. Jika seluruh adonan sudah dibentuk dan diberi selai, silakan masukkan semuanya ke dalam kulkas dan tunggu hingga 1/2 jam agar adonan terakhir yang anda buat tadi agak lama berada dalam kulkas.
  8. Selanjutnya, panaskan oven dengan suhu 150 derajat celcius.
  9. Keluarkan nastar dari kulkas dan panggang selama kurang lebih 20 menit. Jika oven yang anda gunakan mempunyai ukuran yang lumayan besar, anda dapat memanggang semua adonan nastar sekaligus. Tapi jika tidak, silakan anda panggang terlebih dahulu adonan nastar yang pertama, kemudian dilanjut dengan adonan nastar yang kedua.
  10. Panggang selama kurang lebih 20 menit, kemudian keluarkan nastar dari oven dan jangan lupa olesi pemukaan nastar. Selanjutnya, masukkan kembali ke dalam oven dan tunggu selama 15 menit hingga warna permukaan nastar kuning kecoklatan.
  11. Keluarkan dari oven, dinginkan, dan santap kue nastar buatan anda bersama keluarga tercinta.

Tips Untuk Mengganti Selai Nanas:

  • Jika kalian terlalu repot untuk membuat selai nanas dari buah nanas langsung, kalian bisa menggantinya dengan selai nanas siap saji yang beredar di supermarket terdekat.
  • Tetapi karena selai nanasnya bersifat siap saji, keringkan selai nanas tersebut ke dalam penggorengan agar sewaktu-waktu selai didalamnya tidak menjamur.

Nah itulah resep dan cara membuat kue nastar selai nanas yang dapat kalian praktikkan sendiri dirumah, yah bisa dibilang susah-susah gampang untuk membuatnya. Semoga anda berhasil membuatnya, Selamat mencoba..

Thursday, October 5, 2017

Resep Bakso Ikan Tenggiri

Membuat bakso ikan tenggiri
Cara membuat bakso ikan. Setelah kami berbagi resep masakan korea pada postingan sebelumnya, sekarang kami akan menyajikan resep yang berbeda, Makanan ini sudah tidak asing bagi orang Indonesia dari sabang sampai merouke pasti makanan ini tersedia tapi disini saya akan membagikan resep yang berbeda, kalian pasti sudah penasaran mengenai resep Makanan ini,? Oke langsung kita bahas resepnya yaitu membuat bakso ikan tenggiri. Bakso Ikan yaitu bakso yang terbuat dari ikan laut biasanya ikan yang digunakan adalah ikan tenggiri.
Pasti kalian agak penasaran dan bertanya dalam hati lho kok ikan tenggiri sih emang bisa dibikin bakso, terus gimana rasanya nanti pakah enak, biasanyakan daging sapi yang dibikin bakso?
Kenapa ikan laut yang digunakan jenis ikan tenggiri? Karena ikan tenggiri tergolong ikan laut yang sangat digemari masyarakat untuk campuran dimakanan seperti misalnya siomay, pempek, tekwan dan lain sebagainya. Selain itu Ikan Tenggiri juga memiliki kadar gizi yang cukup tinggi yaitu protein yang baik untuk sel dan jaringan fungsi otak kita.

Trus boleh tidak selain pake ikan jenis tenggiri? Tentusaja jawabannya boleh, kalian bisa gunakan jenis ikan laut apasaja yang kalian suka. Trus kalo ikan air tawar bisa tidak? Jawabannya tentusaja bisa tapi saya sarankan menggunakan ikan Laut saja, kenapa karena jika menggunakan ikan air tawar nanti rasanya akan berbeda, akan lebih baik jika kalian memakai ikan tenggiri.

Secara fisik, bentuk dan warna Bakso Ikan ini mirip dengan Tekwan. Bentuknya bulat kecil dan warnanya putih bersih, rasanya sudah tentu enak. Pedagang bakso dengan segala kreasi seperti bakso mercon, Bakso Malang, bakso Bom, bakso raksasa dan lain sebagainya memang sangat banyak sehingga kita mudah menjumpai penjual bakso, namun untuk penjual bakso dengan menu Bakso Ikan masih sangat jarang sehingga sedikit susah untuk mendapatkan Bakso Ikan ini apalagi yang asli memakai ikan tenggiri.

Dari pada susah mendapatkan Bakso Ikan lebih baik membuatnya sendiri di rumah, siapa tau kalau hasilnya memuaskan dan anda berminat untuk membuka usaha kuliner, menu Bakso Ikan dapat dijadikan menu favorit. Saran pembuatan, gunakan bahan ikan yang segar agar hasil baksonya lezat dan menggugah selera.

Cara Membuat Bakso Ikan sangat mudah dan penyajiannya juga tergolong praktis. di blog kami akan berbagi resep dari step paling awal hingga paling ahir Bakso siap santap sehingga anda mampu mempraktekkannya sendiri di rumah. Berikut Cara Membuat Bakso Ikan dari kami untuk anda silahkan di catat.

Bahan Bakso Ikan :

  • 300 gram fillet daging ikan tenggiri, bisa juga diganti kakap ataupun tuna
  • 100 mililiter air es 
  • 30 gram tepung kanji
  • 1 butir telur, ambil putihnya
  • 1 batang daun bawang, potong halus
  • ½ sendok teh kaldu instan (rasa ayam)
  • ½ sendok teh garam dapur

Bahan Kuah Bakso:

  1. 1½ liter air
  2. 1 sendok makan garam
  3. 1 batang daun seledri
  4. ¼ sendok teh merica (bubuk)

Pelengkap Bakso Ikan :

  1. Bawang goreng
  2. Sambal
  3. kerupuk

Cara Membuat Bakso Ikan :

  • Campurkan sampai rata ikan tenggiri, putih telur, garam dan kaldu instan
  • Tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil dikocok menggunakan mixer agar lebih maksimal
  • Tambahkan pula tepung kanji serta daun bawang. Aduk sampai rata
  • Bentuklah adonan menjadi bulatan dengan bantuan sendok makan. Setelah dibentuk masukkan ke dalam air es.
  • Siapkan air, didihkan. Masukkan semua bulatan yang telah terendam di air es, rebus hingga semua bulatan mengambang diatas air. Tiriskan, sisihkan
  • resep Kuah : rebuslah kaldu ayam bersama garam, merica bubuk dan daun seledri hingga mendidih
  • Selesai sudah, tinggal menyiapkan semuanya termasuk kuah serta bawang goreng sebagai taburannya.

Pada saat penyajian agar lebih nikmat, maka jangan lupa untuk menambahkan sayuran seperti cesin, sledri, daun bawang atau bahan lain sesuai selera anda. Demikian Resep Membuat Bakso Ikan Tenggiri yang segar dan nikmat. Jangan lupa baca artikel kami sbelumnya silahkan mencoba resep-resep dari kami. Semoga atikel yang kami bagikan bermanfaat dan member inspirasi.

Sunday, October 1, 2017

Resep Nugget Ikan Tenggiri Spesial

Nugget ikan tenggiri spesial
Resep membuat nugget ikan tenggiri. Halo sahabat semua bagaimana kabar kalian?, Pada artikel sebelumnya kami sudah berbagi mengenai resep membuat kue bolu panggang. Nah pada artikel kali ini kami akan membagikan resep masakan yang takkalah menarik, makanan ini terbuat dari ikan tenggiri. Ya kali ini kita akan berbagi resep membuat nugget, tapi nugget yang akan dibuat ini bukan dari daging ayam melainkan menggunakan ikan tenggiri.

Rasanya yang gurih dan lezat serta nutrisinya yang baik buat tubuh menjadikan nugget sebagai salah satu makanan yang begitu digemari oleh orang Indonesia. Nugget disukai oleh semua orang dari berbagai usia dari mulai Anak-anak, Remaja hingga Dewasa pun sangat suka dengan nugget karena selain rasanya yang gurih dan enak banget, nugget juga empuk dan mudah dikunyah. 

Oh iya, berbicara mengenai nugget, selain nugget ayam atau daging, kamu juga bisa membuat nugget dari ikan lho. Ikan yang bisa dibuat sebagai nugget sendiri misalnya saja ikan tengiri. Untuk membuat nugget ikan tengiri sangat mudah, berikut resepnya. 

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 500 gram ikan tengiri (buang kulit dan durinya lalu haluskan)
  • 1 siung bawang bombay (haluskan)
  • 1 buah wortel (haluskan)
  • 3 sdm tepung terigu
  • Tepung roti/panir (secukupnya)
  • 100 ml susu cair
  • Daun bawang (secukupnya, cincang halus)
  • 2 slice roti tawar (hancurkan)
  • 2 butir telur
  • Minyak goreng (secukupnya)

Bumbu yang dihaluskan:

  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt merica
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk/penyedap masakan (secukupnya)

Cara membuat nugget:

  1. Siapkan semua bahan dan bumbu.
  2. Campur semua bahan dan bumbu menjadi satu. Kecuali tepung panir dan telur. 
  3. Jika semua bahan sudah tercampur, tempatkan di loyang lalu kukus hingga matang. 
  4. Angkat adonan yang sudah matang dan biarkan dingin. 
  5. Potong adonan sesuai selera lalu celukan ke dalam telur yang dikocok lepas. 
  6. Selanjutnya, gulingkan ke tepung roti/panir dan goreng. 
  7. Goreng hingga warna nugget menjadi kuning kecokelatan. 
  8. Segera angkat setelah matang dan sajikan selagi masih hangat.

Nugget ikan tengiri akan terasa semakin nikmat saat disajikan bersama saus sambal, saus tomat atau mayonaise. Gimana para sahabat, resep yang sangat mudah bukan? Jika kalian mengikuti panduan dan resep diatas pasti nugget yang kalian buat akan berhasil dan rasanya enak. Jangan lupa baca resep menarik lainya yang ada diblog ini, selamat mencoba resep ini dan semoga keluarga di rumah suka.

Resep Ayam Goreng KFC Super Renyah

Ayam goreng super renyah
Resep ayam goreng ala kfc. Bingung mau masak apa? Pastikan Anda bergabung dengan kami atau ikuti halam blog infokuliner kami untuk mendapatkan tips dan resep-resep masakan yang enak, mudah, dan praktis untuk dibuat setiap harinya. Aneka resep masakan ada disini dari masakan yang biasa sampai dengan masakan yang luar biasa.

Melihat ayam goreng KFC dan McDonald, siapa sih yang tidak penasaran dan  ingin mengetahui bagaimana cara membuat ayam goreng serenyah itu. Kunci dalam membuat ayam goreng ala KFC ini adalah pada tepung dan proses pembuatannya. Jangan lupa juga untuk menggunakan minyak yang banyak (deep fried) agar ayamnya tergoreng merata. Berikut adalah resep komplit dan cara pembuatan ayam goreng KFC yang tepat. Yuk, mari kita simak. (Baca perlahan agar tidak ada yang terlewatkan).

Bahan-bahan yang disiapkan:

  • 1 kg ayam, potong-potong
  • 1 sdt bubuk bawang putih
  • 1 sdt lada halus
  • 1/4 sdt bubuk cabe merah kering
  • 1/2 sdt garam halus
  • Minyak untuk menggoreng
  • Bahan Pelapis Cair:
  • 300 ml air dingin /air es
  • 300 g tepung terigu tinggi protein (saran, cap cakra kembar)
  • 40 g tepung maizena
  • 1/2 sdm susu bubuk
  • 1 butir kuning telur
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1/2 sdt lada halus

Bahan Pelapis Kering:

  • 400 g tepung terigu tinggi protein
  • 100 g tepung maizena
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1 sdt bubuk kaldu instan rasa ayam
  • 1 sdt bubuk bawang putih
  • 1/4 garam halus (bila ingin rasa ayam pedas, anda bisa menambahkan bubuk cabe)

Cara Membuat:

  1. Pelapis cair: Campur tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, baking powder, lada, garam dan vetsin. Aduk rata. Masukkan kuning telur dan air sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga tercampur rata. Simpan di dalam kulkas/tempat yang dingin.
  2. Pelapis Kering: Campur semua bahan pelapis kering. Aduk rata. Sisihkan.
  3. Bumbui potongan ayam dengan lada, garam, bawang putih bubuk dan cabe merah bubuk. Aduk rata. Diamkan 15 menit agar bumbu meresap.
  4. Gulingkan potongan ayam ke dalam pelapis kering hingga seluruh permukaan terselimuti tepung. Celupkan ke dalam pelapis cair dan gulingkan kembali ke dalam pelapis kering sambil diremasremas. Lakukan hingga 2 kali bila ingin ayam yang ekstra kriuk. Lakukan cara ini hingga ayam habis.
  5. Panaskan minyak, goreng ayam di dalam minyak banyak dengan panas sedang. Masak hingga ayam matang, berwarna kuning kecokelatan dan kering. Angkat, tiriskan.
  6. Ayam Goreng Tepung ala Kentucky siap dihidangkan bersama saus & sambal.

Agar hasil gorengan ayam lebih crispy, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
  1. Campuran tepung dan air: Yang harus diingat, campuran tepung danair ini jangan terlalu kental, sebaiknya keencerannya mirip dengan adonan tepung pisang goreng.
  2. Ketebalan tepung: Banyak yang berpikir bahwa untuk menghasilkan ayam crispy adalah dengan tepung yang tebal. Tetapi justru tepung tebal itu yang jadi penyebab kenapa ayam crispynya jadi tidak crispy. Satu kali balutan tepung sudah cukup.

Selamat mencoba dan bereksperimen ya.. Dijamin jika menggunakan persis seperti resep ini kemungkinan besar kalian akan berhasil untuk membuat ayam goreng crispy KFC nya, Kalau masih gagal juga, coba lagi. Semoga berhasil!!